HOAX apa Bukan, Ikan Plastik dari Afrika Shop


HOAX
HOAX

Hoax makanan berbahan plastik masih saja laku ”dijual”. Setelah kubis dan beras plastik, kini malah muncul ikan plastik. Informasi palsu itu makin dipercaya karena dilengkapi video.

Salah satu penyebar hoax iklan plastik adalah akun YouTube PelpaTime pada 10 Agustus 2017. Video yang ditampilkan adalah potongan-potongan tubuh ikan yang sedang dibersihkan.

Ada juga narasi bahwa ikan yang sedang dibersihkan itu ternyata plastik. Baru saja dibeli di sebuah Afrika Shop di London.

 

Cukup lama si pengisi suara mengatakan bahwa ikan itu seperti berbahan plastik. Dia mencontohkan sisi ikan yang molor. Juga, daging ikan yang lentur seperti sebuah spons.

”Ketika ditekan, keluar air seperti spons,” ujar si narator. Video itu kini dengan cepat menyebar ke Indonesia. Salah satu penyebarnya ialah akun fans page Facebook Generasi NOW.

read:   Inilah 7 Berita HOAX Yang Pernah Gegerkan Indonesia

”Kacau, ikan plastik pun ada. Like, share, biar semua orang waspada,” tulis akun tersebut.

Jawa Pos menelusuri kabar itu melalui Aquaculture and Fisheries Improvement Manager WWF Habib Abdullah. Habib mengatakan, sulit mempercayai video tersebut sebagai sebuah kebenaran.

”Saya tidak yakin itu ikan plastik,” ujarnya. Menurut dia, ikan apa pun, jika kena air lalu dimasukan freezer, ketika dikeluarkan dan ditekan keras, pasti akan keluar air.

”Persis seperti spons yang diteken dan keluar airnya. Seperti yang diklaim narator dalam video tersebut,” katanya. Kemungkinan juga ikan yang terdapat dalam video itu mengalami freezer burn.

Habib tidak bisa memastikan jenis ikan apa yang ada dalam video tersebut. Sebab, bentuknya sudah tidak utuh.

”Saya belum pernah lihat model daging ikan seperti itu di Indonesia. Mungkin ini jenis ikan dari luar negeri,” ujarnya. Habib pernah mendapatkan cerita dari temannya, di luar negeri memang ada ikan yang dagingnya mirip seperti spons.

read:   5 Berita Hoax tentang Islam, Anehnya Banyak DiShare

Berdasar pencarian di Google mengenai freezer burn ternyata terdapat bahasan soal ”ikan plastik” tersebut. Sebuah situs pembasmi hoax, hoaxorfact.com, pernah membahas video serupa beberapa hari lalu.

Mereka menyebut narasi itu mungkin sudah mengalami editing. Situs itu juga menyebut ikan dalam video tersebut mungkin mengalami freezer burn. Itu bisa dilihat dari terdapatnya tanda bintik-bintik kasar cokelat keabu-abuan. Tanda itu khas pada ikan beku.

Dikutip dari majalah in-fisherman edisi online, freezer burn terjadi karena proses pembekuan. Ikan maupun daging apa pun yang dibekukan terlalu lama dengan cara yang salah bisa mengalami freezer burn.

read:   Asli atau Hoax? Cek Keaslian Berita dengan 5 Cara Ini

Kandungan air di dalam daging ikan berubah menjadi kristal es dan akhirnya daging menjadi kering. Saat dimasukkan ke air dalam jangka waktu cukup lama, daging ikan yang kering itu menyerap air seperti busa.

Pada ikan, freezer burn terlihat dari tandanya, yakni daging keputihan dan mengeras. Kualitas daging ikan yang mengalami freezer burn memang akan menurun. Namun, menurut beberapa tulisan, itu masih aman untuk dikonsumsi.

(KESIMPULAN):

Berdasarkan Informasi diatas mengenai ikan plastik dapat dikategorikan sebagai Hoax karena narasi sudah diubah.

Selain itu ikan yang ditunjukkan sudah mengalami freezer burn karena terlalu lama dibekukan. Saat dimasukkan ke air, ikan menyerap air seperti busa. Saat ikan ditekan, air keluar dari daging.

REFRENSI:

https://www.jawapos.com/read/2017/12/29/178186/ikan-plastik-dari-afrika-shop

https://en.wikipedia.org/wiki/Freezer_burn

turnbackhoax.id/2018/03/20/hoax-ikan-plastik-dari-afrika-shop/

You may also like

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More From: Hoax Indonesia

DON'T MISS

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF