Home / Peristiwa / Banyak “HOAX” soal KB
Berita bohong, kata dia, perlu dikonfirmasi oleh BKKBN. Ia berharap melalui peluncuran videotron dan radio streaming dapat mengkonfirmasi berita bohong itu.

Banyak “HOAX” soal KB

Jakarta – Deputi Bidang Advokasi Pergerakan dan Informasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (#BKKBN) Abidinsyah Siregar mengakui banyak berita tidak benar atau “hoax” yang beredar di media sosial mengenai keluarga berencana (#KB).

“Misalnya, ada beberapa waktu lalu artikel di media sosial yang bilang kalau menggunakan pil kontrasepsi bisa bikin steril. Padahal, itu tidak benar,” ujar Abidinsyah usai peluncuran radio streaming dan videotron di Jakarta, Jumat.

Isu lainnya yang tak benar, mengenai penggunaan implan atau susuk #KB di lengan yang bisa menyebabkan kelumpuhan bahkan amputasi.

“Yang disayangkan banyak artikel tersebut yang tidak ada sumbernya. Lebih lebih lagi, kalau ada yang meneruskan artikel itu ke orang lain,” keluh dia.

Berita bohong tersebut, kata dia, perlu dikonfirmasi oleh #BKKBN. Ia berharap melalui peluncuran videotron dan radio streaming dapat mengkonfirmasi semua berita bohong itu.

Ia pun mengingatkan bahwa kemajuan bangsa dan negara ditentukan dari terencana atau tidaknya keluarga.

“Sebuah upaya terencana bisa menghasilkan keluarga yang berkualitas. Begitu juga kecerdasan manusia itu bisa dibuat, karena ditentukan sejak dalam masa kehamilan dan 1.000 hari pertama kehidupan anak,” ujarnya.

Kepala #BKKBN, Surya Chandra Surapaty mengatakan peluncuran radio streaming dan videotron tersebut diperuntukkan untuk menggaungkan kembali program KB yang melemah pascareformasi.

“Melalui radio streaming dan videotron ini, kami akan menggaungkan kembali semangat masyarakat untuk ikut KB,” kata Surya.

Radio streaming tersebut bisa diakses melalui ponsel pintar, sementara videotron dipasang di sejumlah tempat di Indonesia. /antara

About diana

Check Also

NIAT BAIK ANIES TERAPKAN KEBIJAKAN DP 0% PERUMAHAN BAGI WARGA JAKARTA DITOLAK MENTAH-MENTAH BANK INDONESIA

BUKANHOAX.COM – Beberapa waktu lalu, pasangan calon pimpinan daerah di DKI Jakarta menyatakan rencananya untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *