Home / Peristiwa / Kapolri dan Presiden Bakal Rapat Khusus Penyebaran Hoax
Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian mengatakan, jajaran kepolisian akan memperkuat tim cyber di internal polri guna menekan penyebaran hoax.

Kapolri dan Presiden Bakal Rapat Khusus Penyebaran Hoax

Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian mengatakan, jajaran kepolisian akan memperkuat tim cyber di internal polri guna menekan penyebaran informasi bohong atau hoax. Upaya menekan isu hoax, dia juga mengatakan bahwa Presiden Jokowi akan mengadakan rapat khusus untuk menangani isu di media sosial.

“Besok, Pak Presiden akan membuat rapat terbatas jam 15.00 WIB. Rapat terbatas mengenai bagaimana mensinergikan antar departemen, kementerian, untuk menangani media sosial yang membawa isu provokatif,” jelas Tito di Rupatama Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan 28 Desember 2016.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini mengatakan dalam menekan isu hoax di media sosial, antara pemerintah dan masyarakat perlu bekerja sama. Masyarakat diimbau menggunakan media sosial dengan bijak.

“Masyarakat kita imbau untuk tidak mudah juga men-share berita yang tidak jelas,” ucap Tito.

Tito mengingatkan, media sosial sejatinya digunakan untuk hal-hal yang positif. Jika media sosial digunakan untuk membagikan informasi yang salah maka bisa memicu perpecahan.

“Penggunaan media sosial banyak positifnya karena keterbukaan tetapi juga banyak negatif. (Penggunaan media sosial yang negatif) Sangat dapat menyebabkan perpecahan,” ujar jenderal bintang empat ini.

Menurut Kapolri, saat ini, unit yang menangani kejahatan cyber adalah Dirtipideksus Bareskrim Polri.

Dari data yang didapat, selama tahun 2016, Polri menangani kejahatan dunia maya sebanyak 4.453 kasus. Sebanyak 988 kasus atau sebesar 22% dapat diselesaikan.

“Jika dibandingkan tahun 2015, berarti mengalami penurunan sebesar 365 kasus atau turun 8 persen,” pungkas Tito.

About diana

Check Also

NIAT BAIK ANIES TERAPKAN KEBIJAKAN DP 0% PERUMAHAN BAGI WARGA JAKARTA DITOLAK MENTAH-MENTAH BANK INDONESIA

BUKANHOAX.COM – Beberapa waktu lalu, pasangan calon pimpinan daerah di DKI Jakarta menyatakan rencananya untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *