Home / Gaya Hidup / Manfaat Yogurt yang mungkin anda belum tahu
Dalam terapi antibiotik, yogurt dapat digunakan untuk memulihkan bakteri baik dalam usus dan sangat baik mengobati diare atau diare akut sekalipun pada anak

Manfaat Yogurt yang mungkin anda belum tahu

 Yogurt adalah produk susu yang dibuat dengan fermentasi susu menggunakan satu atau lebih dari berbagai bakteri tertentu seperti Lactobacillus acidophilus , Lactobacillus rhamnosus, Lactobacillus bulgaricus, Enterococcus faecium,Streptococcus thermophilus, dan lain-lain.

Manfaat yogurt

Dalam terapi antibiotik, yogurt dapat digunakan untuk memulihkan bakteri baik dalam usus  dan sangat baik mengobati diare atau diare akut sekalipun pada anak-anak. Yogurt juga dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah infeksi bakteri pada vagina, dan mencegah infeksi saluran kemih .

Beberapa wanita menggunakan yoghurt pada vaginanya untuk mengobati infeksi ragi vagina dan infeksi bakteri vagina saat kehamilan

Beberapa orang menggunakan yoghurt untuk mengatasi intoleransi laktosa (Intoleransi laktosa merupakan kondisi ketidakmampuan seseorang untuk mencerna laktosa, yaitu gula yang terdapat pada susu dan produk olahannya karena tubuhnya tidak menghasilkan enzim laktase dengan cukup. Tanpa enzim laktase, maka laktosa tidak akan dapat dicerna dan menyebabkan gangguan pencernaan) dan juga untuk mengobati kolesterol tinggi dan infeksi pylori Helicobacter  yang menyebabkan perut bisul. Yogurt juga digunakan untuk mencegah kanker kolorektal dan sunburns. 

Yogurt juga dimakan sebagai susu alternatif makanan pada individu yang menderita laktosa intoleran.

Bagaimana cara kerjanya?

Yogurt mengandung bakteri baik yang dapat membantu memulihkan bakteri normal dalam saluran pencernaan dan vagina. Hal ini dapat membantu mengobati diare dan infeksi vagina.

EFEKTIVITAS & KEGUNAAN YOGURT

Efektif untuk:

  • Diare pada anak-anak. Dengn diberikan Yogurt  sebagai pengganti susu formula pada bayi dan anak-anak terbukti sangat evektif meredakan diare persisten. (Diare persisten adalah diare akut dengan atau tanpa disertai darah dan berlanjut sampai 14 hari atau lebih. Jika terdapat dehidrasi sedang atau berat, diare persisten diklasifikasikan sebagai “berat”. Jadi diare persisten adalah bagian dari diare kronik yang disebabkan oleh berbagai penyebab).
  • Karena yogurt juga bersifat antibiotik maka yogurt bisa dijadikan untuk mencegah dan mengobati diare
  • yogurt juga mampu mencegah infeksi jamur vagina.
  • Intoleransi laktosa , Yogurt sebagai alternatif untuk susu. memakan yogurt dengan kultur bakteri hidup tampaknya meningkatkan toleransi laktosa pada anak-anak dan orang dewasa yang tidak dapat menyerap laktosa.
  • Mengobati infeksi bakteri yang dapat menyebabkan tukak lambung (Helicobacter pylori/Tukak lambung adalah luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Luka ini juga berpotensi muncul pada dinding bagian pertama usus kecil (duodenum) serta kerongkongan (esofagus). Penyakit ini dapat menyerang semua orang pada segala umur), bila digunakan dalam kombinasi dengan obat lain. Standar “terapi tiga jenis obat” untuk sakit maag disebabkan oleh Helicobacter pylori (H. pylori) infeksi melibatkan pengobatan dengan lansoprazole (Prevacid), amoksisilin (Amoxil), dan klaritromisin ( Biaxin ). Menambahkan yoghurt yang mengandung lactobacillus atau Bifidobacterium untuk terapi obat standar tiga jenis obat tampaknya membantu pasien untuk mempercepat penyembuhan. Hal ini membuat pengobatan lebih efektif dalam membunuh bakteri H. pylori. Namun, mengkonsumsi yogurt sendiri tanpa terapi tiga jenis obat standar tidak bisa untuk membunuh H. pylori.
  • Tingkat Kolesterol tinggi . Mengambil yogurt yang mengandung Lactobacillus acidophilus dan kombinasi Enterococcus faecium dan Streptococcus thermophilus tampaknya menurunkan kolesterol pada pasien dengan batas sedang sampai  tinggi kadar kolesterol . Jenis yoghurt tampaknya menurunkan total dan “buruk” low-density lipoprotein ( LDL ) kolesterol tetapi tidak meningkatkan “baik” high-density lipoprotein (HDL) kolesterol.

Tidak efektif untuk:

  • Asma .
  • Diare pada bayi kurang gizi dan anak-anak.

YOGURT EFEK SAMPING & KESELAMATAN

Yogurt  kemungkinan aman bagi kebanyakan orang dewasa ketika dikonsumsi. Yogurt mungkin juga AMAN bila digunakan dalam vagina. Tidak ada banyak efek samping yang dilaporkan, tetapi sudah ada kasus orang sakit disebabkan yogurt yang terkontaminasi bakteri jahat. Hati-hatilah dalam memilih yogurt, pilihlah produk yogurt yang sudah anda percaya atau yang sudah melalui uji badan POM

Khusus Kewaspadaan & Peringatan:

Wanita hamil dan menyusui: Yogurt tampaknya aman dalam untuk dikonsumsi dan mungkin aman bila diterapkan dalam vagina selama kehamilan dan menyusui. Penggunaan kedalam vagina wanita yang sedang hamil dalam sejumlah kecil penelitian tidak ada masalah.

Sistem kekebalan tubuh melemah: ada beberapa kekhawatiran ketika mengkonsumsi yogurt, karena bisa saja bakteri hidup dalam yogurt yang diproses tidak higienis dapat menghsilkan zat jahat yang dapat merugikan kesehatan penggunanya. apa lagi bagi mereka yang sistem kekebalan tubuhnya melemah, contohnya orang yang tejangkit HIV/AIDS . untuk orang yang lemah kekebalan tubuhnya diharapkan untuk tidak mengkonsumsi yogurt dalam jangka waktu lama tanpa berkonsultasi dengan pakar kesehatan.

Mudah-mudahan bermanfaat, Dapatkan selalu informasi yang bukan hoax.

About alida haddad

Check Also

[Video] Anies: Kami “Manut” pada Gerindra dan PKS

BUKANHOAX.COM – Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyerahkan penyusunan peta koalisi putaran kedua Pilkada DKI …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *